Rabu, 02 Desember 2020

Termasuk Serius, Penyakit-penyakit Ini Ternyata Bisa Di-cover dengan Asuransi Rawat Jalan

Ketika merasakan gejala atau keluhan pada tubuh, beberapa orang memilih berkonsultasi langsung ke dokter di klinik atau rumah sakit. Langkah ini memang aman dan efektif, karena Anda akan menerima penanganan yang sesuai. Apalagi bila Anda memiliki asuransi untuk rawat jalan, biaya pengobatan tentu tidak lagi menjadi beban pikiran. Sudah begitu, pertanggungan ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai kelas penyakit, mulai dari yang ringan hingga serius. Berikut adalah lima jenis penyakit serius yang ternyata bisa ditanggung asuransi rawat jalan.


  • Maag

Penyakit sistem cerna ini cukup sering dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terkhusus bagi Anda yang kerap telat makan. Perut mulas dan kembung hingga dada terasa panas adalah beberapa gejala maag. Meski cukup mengganggu, maag ternyata bisa diredakan melalui pengobatan rawat jalan. Sebagian besar dokter akan meresepkan obat seperti omeprazol dan ranitidine untuk mengurangi keluhan yang dirasakan pasien. Selain itu, penderita maag pun biasanya akan diminta untuk menjaga asupan maupun waktu makan untuk mencegah kambuh di kemudian hari.


  • Cacar air

Cacar air termasuk penyakit yang mudah menular, karena virusnya dapat menyebar lewat udara maupun tetesan air. Orang-orang yang menderita cacar air pun bakal merasakan gatal luar biasa, demam, dan sulit tidur. Walhasil, pengidap cacar air harus istirahat selama berhari-hari. Meski begitu, cacar air bisa ditangani dengan pengobatan rawat jalan saja. Dokter biasanya akan memberikan resep yang mencakup losion calamine, obat antihistamin, atau krim hidrokortison untuk mempercepat proses penyembuhan.


  • Rematik 

Penyakit tergolong serius selanjutnya adalah rematik. Sebab, penyakit ini memicu pembengkakan hingga kaku pada persendian. Namun, dokter secara umum akan lebih menyarankan pasien menjalani rawat jalan dan mengonsumsi obat pereda nyeri non-resep seperti ibuprofen. Dalam kondisi tertentu, penderita rematik juga akan diminta meminum steroid berdosis kuat serta obat yang masuk ke golongan disease-modifying auntirheumatic drugs. Pola makan dan gaya hidup pun harus diperbaiki pasien rematik.


  • Pneumonia 

Dikenal juga sebagai paru-paru basah, pneumonia merupakan infeksi paru yang disebabkan jamur, bakteri, hingga virus. Peradangan yang terjadi pada organ vital tersebut akan merangsang produksi lendir berlebih. Jika pneumonia masih terbilang ringan, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik seperti amoxicilin, aspirin, paracetamol, dan ibuprofen. Namun, bayi, anak kecil, serta lansia berusia 65 tahun ke atas umumnya disarankan untuk menjalani opname di rumah sakit.


  • Diabetes 

Hingga saat ini, diabetes masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Akan tetapi, penderita diabetes masih bisa menekan risiko maupun komplikasi penyakit ini dengan penanganan yang sesuai. Dokter yang menangani pasien diabetes biasanya akan meminta mereka untuk mengikuti program diet yang mencakup menu sehat, pemberian obat-obatan juga insulin, dan kegiatan-kegiatan yang dapat menjaga kadar gula darah. 

Demikianlah ulasan tentang beberapa penyakit tergolong seirus yang dapat ditangani dengan asuransi rawat jalan. namun untuk mendapatkan informasi akurat, Anda bisa bertanya kepada perusahaan asuransi Anda terkait penyakit-penyakit yang dapat ditanggung lewat pengobatan rawat jalan.Supaya proses klaim Anda akan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar